Tiket Club

Senin, 17 September 2012

Pertemuan Ilmiah Iptek Bahan 2012

LATAR BELAKANG

Tantangan masa depan di bidang industri nasional, khususnya terkait MP3EI, memerlukan sumber daya manusia yang tangguh didukung kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) IPTEK Bahan yang terarah dan berbasis kebutuhan industri dan masyarakat. Mengingat ketersediaan sumber daya alam yang terbatas, penguasaan IPTEK bahan adalah unsur yang penting untuk menunjang industri yang mandiri. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antar pihak peneliti, pelaku industri dan pengambil keputusan.

PIIB 2012 merupakan seminar nasional dua tahunan di bidang IPTEK bahan yang diselenggarakan sejak tahun 1996. Kegiatan ini sebagai wadah komunikasi, diskusi dan penyebarluasan hasil-hasil litbang IPTEK bahan terkait dengan energi, kesehatan dan lingkungan, yang bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan maupun aplikasinya di industri. Kegiatan PIIB 2012 terdiri dari seminar nasional dan pameran aplikasi karakterisasi bahan dengan teknik nuklir dan non-nuklir yang akan diselenggarakan di Grha Widya Bhakti PUSPIPTEK Serpong.

PIIB 2012 akan melibatkan berbagai pihak terkait litbang di bidang kesehatan, lingkungan, dan energi dari pelaku industri, perguruan tinggi, dan lembaga sehingga diharapkan dapat mendorong hasil-hasil penelitian dan pengembangan bahan secara nasional menjadi lebih berdaya guna dalam mendorong kemajuan industri nasional sesuai dengan MP3EI.

Pada akhir pertemuan ini dihasilkan kemitraan yang kondusif antar pelaku industri, lembaga litbang, perguruan tinggi, pemerintah dan pemerhati IPTEK bahan.


TEMA
PERANAN LITBANG TEKNOLOGI BAHAN MAJU DI BIDANG KESEHATAN LINGKUNGAN DAN ENERGI

TUJUAN
Pertemuan Ilmiah Ilmu Bahan dalam bentuk seminar nasional dan pameran hasil litbang bertujuan menjalin komunikasi ilmiah yang efektif dalam bidang IPTEK bahan untuk meningkatkan kemitraan yang kondusif antar pelaku industri, lembaga litbang, perguruan tinggi dan pemerintah, demi menunjang kemajuan ilmu pengetahuan dan industri nasional sesuai MP3EI.


WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Pertemuan Ilmiah Ilmu Bahan (PIIB) 2012 Pusat Teknologi Bahan Industri Nuklir (PTBIN) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Rabu, 3 Oktober 2012

Tempat :
Gedung Graha Widya Bhakti Dewan Riset Nasional (DRN)
Kawasan Puspiptek Serpong - Tangerang, 15314

Informasi Lengkap klik di http://www.batan.go.id/puslitbin/piib2012/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar