Tiket Club

Jumat, 29 Juni 2012

Email [No Subject] dan Cara Mengatasinya



Sebenarnya sudah lama saya sering menerima email tanpa subject [No Subject] yang bila dibuka isinya hanya berupa link ke website tertentu.Tapi belakangan ini kayaknya intensitasnya semakin meningkat, dalam arti korbannya semakin bertambah.

Email tersebut adalah virus yang dikirimkan dari pihak yang tidak bertanggungjawab, seolah-olah berasal dari si pengirim email.

Bila menerima email semacam ini, tolong JANGAN DI KLIK URL/LINK-nya. Karena bisa meng-generate email serupa yang akan dikirim dari email kita ke seluruh contacts yang ada di address book.

Bagi anda yang merasa emailnya telah mengirimkan email seperti itu (berisi hanya URL), harap segera ganti password, untuk keamanan email anda. Gunakan password dengan kombinasi simbol dan angka, juga huruf besar-kecil. Misalnya : 8reastfeed!nG


Yahoo memberikan tips mengenai “Melindungi Email dari Virus”, tips tersebut dapat dibaca disini :

http://id.antispam.yahoo.com/virustips 

Untuk teman-teman yg telah menjadi penderita/pengirim (suspect), ciri-ciri yg ada biasanya :

1. When log on to yahoo mail, it asked for a security code (Ketika anda melakukan login ke akun email yahoo, akan ditanyakan mengenai kode keamanan).

2. Then it went to a page that said "suspicous behaviour has been detected on your account. please change your password for security reasons". (Setelah memasukan kode keamanan, akan keluar pemberitahuan bahwa ada perilaku yg aneh terjadi pada akun anda, anda diminta untuk merubah password untuk alasan keamanan)

Apabila hal tersebut terjadi pada anda, anda patut curiga bahwa anda telah menjadi korban dan melakukan pengiriman email kepada teman-teman anda dengan judul [No Subject].

Yang bisa anda lakukan adalah :

1. Buka http://www.malwarebytes.org/ , lalu download dan install free version, jangan lupa lakukan update.

2. Setelah melakukan update, putuskan koneksi jaringan/internet anda, lalu lakukan Quick Scan, kemudian remove/hapus file yg teridentifikasi sebagai malware, restart computer/laptop anda. Untuk lebih amannya lagi, silahkan anda lakukan full scan kembali, kemudian anda bisa melakukan scanning menggunakan anti virus kepercayaan anda.

3. Lakukan langkah-langkah diatas pada setiap computer/laptop yg sering anda gunakan untuk membuka email/melakukan aktivitas internet.

Sumber :
*http://forums.pcworld.com/index.php?/topic/74603-e-mail-viruskeylogger/
*http://id.antispam.yahoo.com/virustips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar