Tiket Club

Jumat, 15 Maret 2013

Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri 2013


Latar Belakang


Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi dapat tumbuh mencapai 7 persen pada Tahun 2014. Hal ini akan menjadi pertumbuhan tertinggi kedua di dunia setelah China yang mencapai 7,8 persen. Pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh konsumsi masyarakat yang merupakan komponen utama dari permintaan domestik, dan investasi serta ekspor barang dan jasa. Memasuki era globalisasi, situasi ini dapat menjadi sebuah ancaman bagi produk lokal untuk dapat bersaing. Negara – negara lain akan melirik Indonesia sebagai pangsa pasar yang potensial untuk memasarkan produk – produk mereka.
Untuk meningkatkan daya saing produk lokal maka diperlukan inovasi teknologi untuk menunjang terbentuknya produk yang berdaya saing tinggi. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu berkompetisi secara global serta melakukan penelitian – penelitian terkait dalam usaha penemuan ide kreatif dan inovasi baru.
Salah satu fasilitator yang dapat mengambil peranan ini adalah Perguruan Tinggi. Dengan melakukan transfer pengetahuan dan teknologi serta penelitian – penelitian, diharapkan akan melahirkan sebuah inovasi baru sehingga tantangan era globalisasi dapat dihadapi dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan wadah untuk bertukar informasi yang merupakan sarana yang dapat memacu kreatifitas dan inovasi teknologi.
Universitas Andalas sebagai Perguruan Tinggi Negeri tertua di pulau Sumatera harus mengambil tantangan ini dalam rangka mempersiapkan SDM yang berdaya saing global. Tepatnya, jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas, dengan menyelenggarakan kegiatan Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri. Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri hadir sebagai forum diskusi ilmiah yang efektif antar akademisi dan profesional dari institusi pendidikan, riset, industri, pemegang kebijakan maupun institusi lain yang terkait. Dengan mengikuti seminar ini, berarti akan menjadi sarana untuk bertukar informasi tentang inovasi – inovasi teknologi sehingga diharapkan akan terhubung satu jalinan teknologi yang dapat diaplikasikan oleh industri di masa mendatang dan menunjukkan peluang-peluang inovasi-inovasi baru lainnya untuk melengkapi jalinan tersebut. Dan pada akhirnya akan memberikan bekal pengetahuan dan teknologi bagi SDM di Indonesia untuk mampu bersaing menghadapi persaingan global.

Keynote Speakers


  1. Ir. Dwi Soejipto, MM (Direktur Semen Indonesia)
  2. Prof. Madya. Dr. Yusri Bin Yusof (University Tun Hussein onn Malaysia)
  3. Prof. Yoshihiko Uematshu (Gifu University) (*dalam konfirmasi)

Jadwal penting


Tanggal
Hari
Kegiatan
28 April 2013MingguBatas Akhir Pendaftaran & Penerimaan Abstrak
13 Mei 2013SeninPengumuman Abstrak yang Diterima
09 – 24 Juni 2013SeninBatas Akhir Penerimaan Makalah Lengkap
24 Juni 2013SeninBatas Akhir Bukti Pembayaran
26 Juni 2013RabuMakalah Siap Cetak
02 Juli 2013SelasaPelaksanaan Seminar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar