Tiket Club

Kamis, 13 Maret 2014

Seminar Nasional Teknologi Industri Hijau 2014

Seminar Nasional Teknologi Industri Hijau 2014: Litbangyasa Untuk Mendukung Realisasi Industri Hijau


Sektor industri merupakan salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi besar dalam roda perekonomian nasional, diantaranya dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang diolah guna meningkatkan nilai tambah. Semakin terbatasnya ketersediaan SDA dan daya dukung lingkungan, maka menuntut pembangunan industri selain berpedoman pada peningkatan nilai ekonomi dan keterlibatan sosial jugaharus memperhatikan perlindungan terhadap kualitas lingkungan hidup dan ekosistem secara berkelanjutan.
Industri Hijau adalah sebuah icon industri yang harus dipahami dan dilaksanakan, yaitu industri yang dalam proses produksinya menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Seiring dengan hal tersebut maka diperlukan dukungan berbagai teknologi: untuk menghasilkan bahan baku tanpa membahayakan kelestarian sumberdaya alam, untuk mengolah bahan baku secara efisien (zero waste), untuk menyediakan energi alternatif pensubstitusi energi fosil, untuk menyediakan bahan pembantu alternatif, serta untuk menangani limbah industri. Inovasi teknologi yang berbasis nanoteknologi dan bioteknologi akan menjadi bagian yang dapat mempercepat realisasi konsep industri hijau tersebut. Selain itu, diperlukan langkah bijak untuk menjaga keseimbangan sumber daya alam dengan melakukan manajemen lingkungan.
Dalam mendukung daya saing dan menghadapi adanya implikasi implikasi agar dihasilkan berbagai kepentingan bersama secara komprehensip, Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) menyelenggarakan forum komunikasi hasil LITBANGYASA dalam bentuk SEMINAR NASIONAL dengan tema “Litbangyasa untuk Mendukung Realisasi Industri Hijau”, yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2014, dengan memberi kesempatan bagi para peneliti,perekayasa,praktisi industri, ilmuwan dan para akademisi untuk mempresentasikan hasil penelitian/pengembangan/ perekayasaan/kajian yang terkait dengan penerapan industri hijau dalam menunjang pencapaian program Pemerintah MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025).
TUJUAN
Seminar Nasional diselenggarakan dengan tujuan:
  1. Menyediakan sebuah forum komunikasi bagi peneliti/perekayasa/praktisi industri/dosen/mahasiswa /ilmuwan untuk berbagi dan bertukar informasi terkait hasil penelitian yang mendukung terwujudnya industri hijau secara nasional.
  2. Meningkatkan kapasitas inovasi para pakar dalam bidang penerapan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri
  3. Mensimulasi sebuah kolaborasi di masa depan antara industri, lembaga litbang, organisasi profesi, perguruan tinggi dan pemerintah dalam pengembangan teknologi dan penerapannya di industri yang lebih baik
PEMBICARA UTAMA
  1. Kementerian Riset dan Teknologi
  2. Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD (Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) / Pakar Lingkungan)
  3. Prof. Dr. Ir. Muhammad Nasikin, M.Eng  (Penerima Habibie Award 2013)
  4. PT Holcim Indonesia Tbk (Penerima Penghargaan Industri Hijau 2012-2013)
TOPIK SEMINAR
  • Pemanfaatan sumber daya alam untuk industri
  • Inovasi teknologi pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat
  • Pencegahan pencemaran industri
  • Material ramah lingkungan
  • Nanoteknologi
  • Bioteknologi
  • Energi baru dan terbarukan
  • Manajemen  lingkungan
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari Website Seminar Nasional Teknologi Industri Hijau 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar