Tiket Club

Sabtu, 17 November 2012

Widya Karya Pangan dan Gizi (WNPG) X TA.2012


Tema : "Pemantapan Ketahanan Pangan dan Perbaikan Gizi Berbasis Kemandirian dan Kearifan Lokal"

Latar Belakang

Undang-Undang No. 7 tahun 1996 mengamanatkan bahwa ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi individu, keluarga, wilayah dan seluruh warga Negara yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup dari segi jumlah dan mutunya, aman, bergizi, merata dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat, aktif dan produktif.
Penyediaan pangan yang cukup dan terjangkau oleh semua penduduk merupakan pangkal dari ketahanan pangan nasional, kesejahteraan, kesehatan, dan kecerdasan bangsa.
Aksesibilitas yang terbatas akan berakibat pada kesulitan untuk mencukupi pangan yang bermutu dan bergizi sehingga akan menghambat kesinambungan ketahanan pangan. Di sisi lain, keberpihakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi bagi kelompok masyarakat miskin masih sangat diperlukan melalui penerapan kebijakan dan mekanisme subsidi pangan yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat.
Kondisi kerawanan pangan dan gizi apabila tidak diatasi dengan baik maka akan dapat menghambat pencapaian target-target dalam Millenium Development Goals pada tahun 2015. Oleh karena itu, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pangan dan gizi yang merupakan hasil pemikiran dan penelitian multi sektor dan multi disiplin sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan pangan dan gizi.
Untuk dapat mengembangkan kembali konsumsi pangan lokal yang tentunya diselaraskan dengan perkembangan modernisasi, maka diperlukan upaya-upaya menjadikan pangan lokal menjadi mudah diolah. Hal ini mengindikasikan perlunya sentuhan teknologi, peran serta kelembagaan pangan, dan dukungan kebijakan. Dengan perkataan lain, kompleksitas persoalan dan tantangan yang dihadapi dalam upaya pemantapan ketahanan pangan berbasis kemandirian dan kearifan lokal memerlukan adanya sinergi dan harmonisasi antar stakeholders (pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, petani, dan masyarakat) sehingga setiap kebijakan yang dijalankan dapat diimplementasikan dengan baik.
Berdasar kondisi tersebut di atas maka Forum Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) X tahun 2012 akan mengangkat tema “Pemantapan Ketahanan Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat Berbasis Kemandirian dan Kearifan Lokal”.


Tanggal-Tanggal Penting WNPG X TA. 2012





  • 17 September 2012 : Batas Akhir Pengiriman Abstrak

  • 16 Oktober 2012 : 
    Pengumuman Abstrak Diterima

  • 30 Oktober 2012 : Perpanjangan Batas Akhir Pengiriman Full Paper ( Makalah Oral dan Poster )

  • 30 Oktober 2012 : Batas Akhir Pembayaran Registrasi

  • 20-21 November 2012 : Pelaksanaan WNPG X Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar